Kamis, 04 Oktober 2012

Tugas Ketiga Basis Data


Tugas Ketiga
Basis Data

Kamis, 04 Oktober 2012

1.      Praktekan seluruh command pada DDL !
·         Create database
·         Create table
·         Use
·         Alter
·         Drop







2.      Apa tujuan perancangan basis data ?
   Perancangan basis data merupakan bagian dari siklus hidup sistem informasi, dimana siklus kehidupan sistem informasi, yaitu :
·         Memenuhi informasi yang berisikan kebutuhan-kebutuhan pengguna secara khusus dan aplikasi-aplikasinya.
·         Memudahkan pengertian struktur informasi
·         Mendukung kebutuhan-kebutuhan pemrosesan dan beberapa obyek
Penampilan (response time, processing time, dan stroge space)

3.      Apa yang dimaksud dengan macro lifecycle  dan micro lifecycle, sebutkan perbedaannya ?
Macro life cycle adalah siklus kehidupan system informasi, sedangkan micro life cycle adalah siklus kehidupan basis data. Keduanya mempunyai hubungan, yaitu siklus kehidupan sebuah system informasi organisasi berhubungan dengan siklus hidup system basis data yang mendukung.
Pada macro lifecycle terdapat 5 tahapan, yaitu :
1. Perencanaan (planning)
2. Analisis (analysis)
3. Desain (design)
4. Pelaksanaan atau konstruksi (implementation/construction)
5. Perawatan (maintenance)
Sedangkan micro lifecycle terdapat 11 tahapan, yaitu


1. Database planning
2. System Definition
3. Requirements collection and analysis
4. Database design
5. DBMS selection (optional)
6. Application design
7. Prototyping (optional)
8. Implementation
9. Data conversion and loading
10. Testing
11. Operational maintenance


Tahapan micro lifecycle lebih kompleks dibandingkan dengan macro lifecycle yang lebih sederhana pada tahapannya. Hal ini dikarenakan siklus kehidupan sistem informasi berhubungan dengan siklus kehidupan sistem basis data yang mendukungnya yang menyebabkan siklus kehidupan sistem basis data lebih kompleks dibanding dengan siklus kehidupan sistem informasi.
4.      Langkah apa saja yang dilakukan pada tahap pengumpulan dan analisa data ?
a.       Kenali bagian dari sistem informasi yang akan berinteraksi dengan sistem basis data, termasuk pemakai yang ada dan para pemakai yang baru serta aplikasi – aplikasinya. Ada 4 aktifitas pengumpulan data dan analisa data, yang pertama adalah menentukan kelompok pemakai dan bidang – bidang aplikasinya.
b.      Peninjauan dokumentasi yang ada, langkah kedua ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisa dokumen yang ada dan yang berhubungan dengan aplikasi – aplikasi. Adapun dokumen lainnya seperti kebijakan – kebijakan, form, report, dan bagan organisasi, akan diuji dan ditinjau kembali untuk menguji apakah dokumen tersebut berpengaruh terhadap kumpulan data dan proses spesifikasi.
c.       Analisa lingkungan operasi dan pemprosesan data, langkah ini bertujuan untuk memperinci dan mempelajari informasi yang sekarang dan yang akan datang termaksud juga analisa jenis – jenis transaksi, frekuensi transaksinya dan juga arus informasi dalam sistem dimana informasi – informasi tersebut berupa input – output data.
d.       Daftar pertanyaan dan wawancara, langkah ini bertujuan untuk mengumpulkan jawaban pertanyaan – pertanyaan dari para pemakai basis data yang berpotensi. Ketua kelompok atau individu utama dapat diwawancarai sehingga input yang banyak dapat diterima dari mereka yang memperhatikan informasi yang berharga dan mengadakan prioritas.

5.      Apa yang dimaksud dengan Transaction throughput ?
Throughput adalah Jumlah kerja yang dapat diselesaikan dalam satu unit waktu. Cara untuk mengekspresikan throughput adalah dengan jumlah job pemakai yang dapat dieksekusi dalam satu unit atau interval waktu. Dalam sasaran penjadwalan proses, throughput ini adalah memaksimalkan jumlah job yang diproses per satu interval waktu. Lebih tinggi angka throughput, lebih banyak kerja yang dilakukan sistem. Umumnya, kecepatan sistem database diukur dengan throughput transaksi, dinyatakan sebagai jumlah transaksi per detik. Faktor-faktor untuk kinerja Berkeley DB dalam sistem transaksional biasanya file-file database dan file log. Keduanya faktor karena mereka membutuhkan disk I / O, yang relatif lambat untuk sumber daya sistem lainnya seperti CPU.

0 komentar:

Poskan Komentar